Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Bagaimana menjadi bapak yang baik

leave a comment »

Untuk menjadi bapak yang baik itu tidak mudah. Sebagai contoh, dahulu seorang bapak yang baik pada hari kerja (weekday) tugasnya sangat mudah, ia cukup melakukan i) antar jemput anak ii) membelikan buku atau majalah kesukaan anak namun yang berdampak positif e.g buku bobo, ananda atau pergi ke taman bacaan iii) mendukung keinginan anak untuk kegiatan anak yang positif e.g les gitar

Sekarang bapak yang baik punya hari kerja yang lebih compact (harian-nya panjang, tapi lebih singkat hanya 5 hari kerja). Otomatis tuntutan akan lebih besar -misalnya untuk i) jalan-jalan pada hari weekend -hal ini tidak pernah dilakukan pada bapak-bapak generasi sebelum saya. ii) bermain bersama keluarga lebih banyak -jaman dahulu bermain itu dengan teman sebaya -yang sekarang lebih banyak digantikan social media.

Karena tidak mudah apa yang harus dilakukan? sama seperti pekerjaan, dimana pekerjaan saat ini tidak mudah dibandingkan pekerjaan terdahulu. Penjelasannya sebenarnya ada dua yaitu i) karena ini baru, kita belum terbiasa, belum menemukan pola yang pas, lama-lama juga terbiasa, dan anak-anak lebih cepat beradaptasi dari orang dewasa ii) karena pada dasarnya kita harus tetap sadar, mengurangi hal-hal baru (distractor, new-additional burden) yang jika dilakukan dengan baik dampaknya akan lebih positif -dan sebaliknya jika tidak segera dibersihkan dampaknya akan menjadi lebih buruk. Menarik.

Buat saya, ini pesan untuk tetap optimis, kehidupan pasti akan menjadi lebih baik, sepanjang kita ikhlas dan sabar menghadapi perubahan. Tugas default seorang bapak adalah khawatir, tapi tugas seorang manusia adalah untuk tetap optimis menghadapinya.

200 kata

Written by Anjar Priandoyo

Mei 16, 2022 pada 6:07 am

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: