Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Tentang tips membeli Rumah, KPR dan Lokasi

with 20 comments

Tidak terasa, saya cukup banyak menulis tentang Rumah dan KPR diblog ini. Saya sangat berterimakasih untuk semua masukan, saran dan sharing para pembaca sekalian. Terutama yang menyertakan informasi dengan detail sehingga dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua.

Satu yang membuat teman-teman kesulitan adalah bagaimana cara membaca arsip-arsip yang ada diblog ini yang memang disusun ‘berantakan’. Secara umum saya membagi tulisan saya dalam tiga bagian:

1. Tips membeli rumah:
URL: http://id.wordpress.com/tag/tips-membeli-rumah/
status of today: 53 posting
Tulisan ini lebih seputar cara membeli rumah, rumah second, IMB, broker, appraisal dsb dkk.

2. Tips KPR rumah:
URL: http://id.wordpress.com/tag/tips-kpr-rumah/
status of today: 15 posting
Tadinya saya tidak ingin membagi tips KPR rumah dalam tag tersendiri, tapi seiring banyaknya permintaan membahas case by case, akhirnya saya pisahkan antara membeli dan KPR.

3. Tips dan perbandingan lokasi rumah:
URL: http://bicararumah.wordpress.com
status as of today: 31 posting
Karena permintaan untuk membahas tentang rumah dan KPR semakin besar saya mulanya membuat blog baru. Tapi ternyata mengelola 2 blog tidak lah mudah . Akhirnya blog bicararumah.wordpress.com hanya difokuskan untuk lokasi rumah, khususnya perbandingan antar kompleks, beberapa tambahan mungkin terkait membangun rumah, renovasi atau pembiayaan.

Tentang positioning
Saya sangat menyarankan untuk bergabung dalam milis komunitas seperti tabloidrumah@yahoogroups, bsdsociety dan sejenisnya yang punya basis massa lebih kuat. Diskusi detail mengenai sarana dan prasarana fisik bisa lebih jelas didapat lewat milis tersebut.

Tapi milis juga bukan tanpa kelemahan, orang tidak mungkin membuka besaran gajinya di depan umum, orang juga tidak mungkin memberikan pendapat independen bila menyangkut lokasi rumah. Nah disinilah positioning blog ini. Lewat blog, sharing masalah yang sensitif bisa lebih terakomodir.

Ada masukan?

Written by Anjar Priandoyo

Juli 4, 2007 pada 6:18 am

Ditulis dalam Society

20 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam kenal…(Indonesia)
    Numpang promosi nih!
    Ada yg mau kuliah dengan beasiswa? Belajar Wirausaha?
    Main ke blog kampusku – Makasih ya!

    Kang Tutur

    Juli 12, 2007 at 4:52 am

  2. Halo,

    Saya butuh informasi mengenai landed house. Saya kerja di daerah Kuningan. Sekarang tinggal di Taman Rasuna. Anak saya sekolah di daerah Tebet. Kalau melihat kondisi tersebut, mohon info daerah yang cocok untuk saya. Ingin nya di cluster, budget 400-500jt. Kalau dengan BSDCity, Bintaro atau Cibubur bagaimana? Atau ada daerah lain yang lebih dekat? Terimakasih.

    Mhd Rully

    Juli 18, 2007 at 2:40 am

  3. Mas Mhd Rully, kalo yg saya tahu di BSD ada tuh yg gr dibangun persis di pinggir tol Bintaro serpong namanya “the castilla”. Ada jg latinos, kl itu udah jd baik rmh maupun prasarananya. kayaknya harganya antara 400-500 jt jg.

    sayasaja

    Juli 18, 2007 at 3:10 am

  4. Terimakasih mas sayasaja atas infonya. Akhir pekan ini saya akan coba survey ke BSDCity. Mengenai perjalanan dari BSDCity ke Kuningan bagaimana pada hari kerja di pagi hari atau sore hari? Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jam berapa harus pergi ke kantor? Mohon informasinya lagi. Terimkasih.

    Mhd Rully

    Juli 18, 2007 at 3:55 am

  5. Pak Rully,

    Type 90/105 di The Green kluster Navarra, Chardonnay, dan Burgundy sepertinya masuk range budget 400-500 jt.

    Jadwal transportasi:
    Bus TransBSDCity
    http://www.serpongkita.com/index.php?milih=m1

    KRL
    http://www.serpongkita.com/index.php?milih=m

    Onay

    Juli 18, 2007 at 4:27 am

  6. Terima kasih kembali Mas Mhd Rully, dan salam kenal, jg buat tuan rumah, mas Anjar, dan yang lain.
    Dulu waktu msh bw mobil, sy bs berangkat jam 05.45 sampe diktr (sudirman) jam 7.15. itu kl lewat tol bintaro, keluar pintu tol veteran/tn kusir. Kena macet cmn di tn kusir, tp bs lwt H Muhi dst. Brkt jam 6.00 lewat tol kbn jeruk trus ke semanggi sampe ktr jam 7.30. Kondisi skrg kurang tahu krn arteri pondok indah lg dibuat underpass, macet bgt deh. Skrg sy lebih sering naik motor, bs brkt jam 7 sampe ktr jam 8 kurang, lewat kompleksnya mas anjar (permata bintaro), terus ke veteran, tn kusir dst. Tp kl lg males nyetir, alternatif transportasi lain jg ada Mas. Bs pake shuttle bus (lwat pondok indah, tomang/psr baru & mgg dua (bs turun di kota)), KA AC ekonomi/eksekutif (serpong line). Waktu & jarak tempuh jgn dibandingin sama Apt Taman Rasuna ya Mas. Bisa stress nanti. Tp kl lingkungan buat anak-anak, sekolah, olahraga, selama ini sy sih msh ok dgn BSD. Sy ada sedikit tips tnetang memilih hunian di blog saya, silahkan dibuka (sekalian promosi, maklum newbie nih..br belajar nge-blog).

    sayasaja

    Juli 18, 2007 at 7:29 am

  7. Saya butuh informasi mengenai prospek rumah di Bukit Golf Cibubur. Apakah memang benar adanya bahwa mutu bangunan di perumahan ini tidak terlalu bagus?

    Terima Kasih atas informasinya

    fanda

    Agustus 10, 2007 at 4:15 am

  8. Sejak thn 2004 aku pernah survey ke Bukit Golf Cibubur. Thn 2007 ini juga (nemenin temen liat**) gk ada improvement quality yg berarti. Mutu bangunan memang gk bagus utk ukuran Lt. dibwh 200m2. Hanya dinding depan yg bata, sisanya batako. Pondasi standard banget. Rangka atap jg dibuat sekedarnya. Tapi harga memang sgt kompetitif dgn type Arcadia & Riverside Lb/Lt 45/120 cuman Rp 155jt sdh include PPN. Itu price list resmi developer per mid 2007. Temanku yg “nekad” beli disana akhirnya terpaksa rombak bangunan, terutama krn atapnya yg tdk layak huni. Maklum…ada harga-ada rupa :-)

    Pusmeong

    Oktober 4, 2007 at 5:26 am

  9. Pak rully,

    Salam Hormat…
    Sy tertarik dg perumahan di kencana loka, berapa lama ke Jkt/Sudiman kalau naik motor ? Bisa tlg kasih route yg jelasnya… Rencana sy mau ambil di Blok H, apakah ada angkot yg lewat dg tujuan stasiun Trans BSD City n berapa menit ? Mohon masukan dr Pak Rully, krn sebelumnya sy ngontrak di daerah kelapa gading/Jkt Utara
    Terima kasih sebelumnya…

    Kristian Sumarjono

    November 8, 2007 at 8:31 am

  10. @Pusmeong
    bukit golf cibubur itu dimana ya tepatnya? dari plaza cibubur ke selatan?kira2 brp km?

    abu rozin

    November 22, 2007 at 5:40 am

  11. Maaf saya numpang ngasih informasi, mau over kredit rumah.

    http://www.rumahbekas.com/index.php?go=detail&id=3581

    terima kasih

    JUMADI

    Mei 9, 2008 at 11:50 pm

  12. ikutan dong..bagi yang cari rumah di tangerang, barangkali bisa cek webblog saya..tinggal klik nama saya diatas…mumpung masih ada promo hingga 9 november 2008..

    ditunggu kliknya…tq bung anjar

    andre

    November 4, 2008 at 3:33 pm

  13. makasih infonya mas

    olga

    November 10, 2009 at 10:40 am

  14. Wah postingannya bagus! Memberi banyak masukan dan inspirasi untuk menulis dan menyumbang ke blog ini nantinya. Maju terus!

    Rumah

    Januari 5, 2010 at 1:44 pm

  15. Terima kasih, tulisan-tulisan ini menjadi bahan untuk blog kami juga.

    Rumah Depok

    Januari 5, 2010 at 1:46 pm

  16. wah topik nya menarik juga yaaa…….
    salam kenal ya…..

    ed

    Januari 7, 2010 at 2:08 pm

  17. saya mau jual rumah di bukit golf cibubur arcadia housing sdh renov, bagi yg berminat hubungi email saya :
    jsefanus@yahoo.com

    terima kasih.

    Jony

    Oktober 3, 2010 at 2:40 am

  18. Mau sharing nih,

    Kemaren saya beli rumah secara KPR dibantu oleh tim dari KPR123. Mereka sangat membantu banget karena saya dan suami sibuk banget di kantor, jadi gak ada waktu untuk keluar masuk bank, bandingin bank yang satu dengan yang lain, fotocopy dokumen-dokumen dll.

    Di KPR123, kita bisa mendapatkan perbandingan dari masing-masing Bank dan mereka membantu kita untuk proses di berbagai Bank yang paling unggul (secara bunga, pelayanan dan juga plafon yg disetujui).

    Pokoknya saya dan suami bener-bener tinggal duduk aja, lalu gak berapa lama disodorkan 3 surat persetujuan kredit dari 3 Bank yang kami pilih dan langsung akad kredit deh .. dan guess what.. semua yang tim KPR123 lakukan itu GRATIS – bener2 saya gak keluar duit.. karena mereka itu marketingnya semua Bank.

    Thanks KPR123.

    Kalau ada yang mau KPR aku saranin konsultasi aja dulu ke KPR123 atau hubungi mereka di 081-384305079

    Mudah-mudahan sharingnya bermanfaat.

    risma

    Oktober 21, 2010 at 1:50 pm

  19. terima kasih infonya sangat membantu untuk persiapan beli rumah mas

    Jual Rumah BSD

    Desember 30, 2020 at 6:23 pm

  20. Terimakasih informasi untuk membeli rumahnya.. sangat bermanfaat

    Jual Rumah Bintaro

    Desember 30, 2020 at 10:14 pm


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.