Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Telco vs Oil vs Banking mana yang terbaik

with 56 comments

Beberapa tahun lalu seorang adik kelas bingung menanyakan pilihan karirnya antara Engineer di Schlumberger dan Ericsson. Belum selesai kebingungannya ini, tiba-tiba datang pilihan lain dari Citibank. Akhirnya entah ceritanya bagaimana rekan saya tersebut memilih Citibank. Belum satu tahun dia pindah lagi ke Telkomsel, dan entah kenapa dua tahun ini dia berencana pindah ke Chevron. Pusing kan kalau sudah begini.

Cerita seperti diatas banyak terjadi dikalangan premium graduate di negeri ini. Premium graduate ini mendapatkan banyak kesempatan bekerja di top employeer di setiap kategorinya. Menyenangkan bukan, tapi mendapatkan kesempatan sebanyak ini bisa berarti mimpi buruk ketika kita tidak mengetahui industrial comparison secara utuhnya dan memutuskan untuk blind choice.

Kalau kita dihadapkan dalam sebuah pilihan, selain ijtihad (berdoa mohon petunjuk) ada baiknya kita melakukan analisa kecil dengan pilihan tersebut. Berikut sedikit overview antara tiga industri diatas. Metode analisa ini bisa diterapkan dalam industri lain, misalnya membandingkan manufactur dengan trading industri ataupun PNS misalnya. Mudahnya, ada begitu banyak faktor lain dalam merencakan karir, tidak hanya dari gaji belaka.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Maret 9, 2007 pada 9:17 am

Ditulis dalam Career

Tagged with

56 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kok nggak ada kesimpulannya? Anjar sendiri pilih mana, kalau ketiga-tiga nya diterima?

    Bingung juga kan?

    edratna

    Maret 9, 2007 at 11:13 pm

  2. mmm, dulu sih semuanya saya tolak bu :P saya pilih di audit firm :D
    *sombonge poll

    priandoyo

    Maret 10, 2007 at 3:39 am

  3. ada yang kurang tuh,
    1. vendor telco: easysoft dll
    2. Core Telco: EAI (Provisioning system), CRM application

    zidni

    Maret 11, 2007 at 5:56 am

  4. sebenernya anak IT tp gk sengaja nyemplung ke telcom…yo wis,aku pilih telcom aja dah…

    piss

    Sonny Mochamad

    Maret 13, 2007 at 3:02 pm

  5. sip mas Zidni, thanks untuk tambahannya :)
    *memang kurang detail nih postingnya

    priandoyo

    April 9, 2007 at 4:26 am

  6. Skrg lagi kerja di oil nih, klo aku sih pilih oil company aja, tp bagian ICT secara aku juga anak IT. Dari sisi gaji lumayan besar, pekerjaannya tidak terlalu pressure, dan bisa belajar banyak, mulai dari proses bisnis sampai teknis-nya.

    Klo telco sepertinya asyik juga, tantangannya banyak terutama yang buat bagian IT, billing and networking, soalnya perkembangan teknologinya cepet banget, 3G baru mulai, eh sekarang udah mau muncul WIMAX. apalagi itu ya?
    Pekerjaannya, karena ini service-based maka harus selalu siap kapanpun terjadi masalah pada sistem, makanya temenku yang kerja di Telco sering banget pulang malam2 kadang malah pagi baru pulang. Tapi argonya kencang juga lah.

    Klo Bank, pas lulus kemaren gak kepikiran mau ke sana. Tapi ikut tesnya aja. Lumayan buat latihan psikotest ama TOEFL gratis.

    Fimana

    April 14, 2007 at 2:37 am

  7. Mas bisa compare salary
    – Heavy Equipment Company (UT, Trakindo, Hexindo..ect.
    – Otomotif (Astra, Indomobil etc.)
    – Bank (BNI, BCA, etc.)
    – Telco (telkomsel, Indosat, Telkom, etc..)

    Menurut mas Anjar ? gaji yg paling Oke perusahaan apa?? :)

    lexo

    April 14, 2007 at 5:11 pm

  8. Saya bagi berdasarkan graduatenya yak
    IT/electrical engineer: (core support engineer)
    1. Telco
    2. Bank
    3. Otomotif
    4. Heavy Eq

    mecha/industry: (production engineer)
    1. Otomotif
    2. Heavy Eq.
    3. Telco

    Sales/Sales Engineer/AE (corporate market sales)
    1. Heavy Eq.
    2. Telco
    3. Bank
    4. Otomotif

    Secara umum Telco paling tinggi kali ya, apalagi contohnya disitu premium telcos semua (Telkom, TSEL, ISAT). Perlu diingat meskipun industrinya sama eg Astra vs Indomobil atau BNI vs BCA, atau UT vs Hexindo, perlu cermat-cermat juga lho, soalnya ada yang itungan salary jadi lumayan bgt bedanya.

    priandoyo

    April 16, 2007 at 1:22 am

  9. wah mas dapt kesimpulan kayak diatas berdasarkan apa? pengalamkah atau ??
    tp infonay cukup bermanfaat.. masalahnya saya lg pengen nyari2 job baru neh,,, :)
    kira2 pengalamn 1 thn di Heavy Eq.sbgai service analyst dah ah cukup gak ya?? Jujur mas saya mrasa gak nyaman kerja ditempatku skrg. HRDnya/management di branch t4ku skrng gak jelas.. biasalh masalah basic.. saya mau complain jg malas.. palagi superior gw.. kayak gak punya taring gtu ma HRD ..hehehe.

    oke mas.. thx bangat infonya
    o iya atau lg.. UT vs Trakindo vs Hexindo pada kira2 paling mantap yg mana mas… menurut mas ??

    lexo

    April 19, 2007 at 11:01 am

  10. Kesimpulan dari mana? ya kira-kira pengalaman, informasi teman dan industrial average. Kalau alasan yang paling valid sih, dari ngaudit payroll company tersebut :P hehehe, tapi itu client confidential
    *ampun bisa dipecat nih

    Ya sekedar sharing aja mas Lexo, kalau saya punya temen di company Y misalnya, yang saya pengen masuk. Saya (dan mas-nya juga) pasti tanya temen itu, buat jaga-jaga paling engga. Jadi tidak ada maksud untuk provokasi atau membocorkan client confidential docs.

    Pengalaman 1 tahun cukup atau engga? wah itu tergantung banyak hal. Dari kacamata pembelajaran (dan loyalitas) mungkin masih kurang, tapi dari kacamata kesempatan, kalau ada yang lebih baik kenapa engga.

    Kalau management/HRD yang ga jelas mungkin dimana-mana trendnya seperti itu ya, namanya juga karyawan. Jadi kalau nanti alasannya pindah karena ga nyaman dgn management mungkin bisa nyesel juga. Kalau bisa alasan untuk pindah itu karena ada tawaran yang lebih baik :)

    UT vs Trakindo vs Hex? wah kurang tahu juga ya. Trakindo di Cilandak itu kelihatan lebih garang, karena deket mako marinir :P hehehe

    priandoyo

    April 20, 2007 at 2:06 am

  11. Cuman menambahkan mas..utk local vendor di oil and gas industry itu cukup banyak koq..contoh yang gedhe : Tripatra Engineering, IKPT, yang skala menengah lebih banyak lagi..such as Kotaminyak, Indokomas .. range salary kurang tau sih barangkali ada yg mau berbagi salary utk kontraktor di oil&gas..? klo dr gosip2 sih buat fresh grad di kontraktor2 ini THP antara 3-8 jt.

    elmauz

    April 20, 2007 at 4:58 am

  12. Trakindo keliatan “garang”….??? Nah problemnya itu mas…. :)
    kalo dibilang garang..Luarnya aja kali mas,, dalamnya blum tentu..:) huehue…

    lexo

    Mei 8, 2007 at 6:05 am

  13. Wah topiknya kebetulan banget neh mas pri sama pengalaman saya…

    Saya pernah bekerja di ke 3 bidang itu plus satu laghi IT, dari ke empatnya memang di Oil comapny gajinya paling besar tapi sesuai dengan jam kerja dan resiko nya yang besar juga… Buat cari cari ilmu dan nyantai dikit di Telekomunikasi enaknya.. kalo di IT sama Bank mumet dahhh mikirin deadline ama complain mana gajinya segitu gitu aja…..
    so now I am back again to Oil services company and dah netep ga tergoda buat pindah jurusan lagi , paling ada pun pindah ke kompetitor tapi masih di Oil juga … yah yang berani bayar besar kita mendekat lah biar bisa pensiun muda….

    Capone

    Juni 21, 2007 at 10:25 pm

  14. Berapa Gaji para Direksi BUMN kita?
    Bisnis Indonesia, 27/04/06

    Tahukah Anda, direktur badan usaha milik negara kita
    ada yang bergaji Rp614 juta per bulan atau Rp7,3
    miliar setahun? Itu pun belum termasuk tantiem Rp1,8
    miliar per orang. Kedua sumber itu merupakan
    pendapatan resmi yang disetujui dalam rapat umum
    pemegang sa-ham.

    Lupakan sementara gaji gubernur Bank Indonesia yang
    sempat mencengangkan publik maupun DPR dengan Rp200
    juta per bulan. Sebab, perusahaan milik pemerintah
    ternyata tak kalah hebat dalam memberi penghargaan
    kepada para manajemen puncaknya. Pun ketika
    perusahaan-perusahaan itu berkali-kali bermasalah dan
    membebani keuangan negara.
    dipotong, detail bisa dilihat disini
    disini

    Ngiler aja

    Juni 22, 2007 at 2:54 am

  15. Mas Lexo tampaknya sangat kecewa dengan employer-nya saat ini. Saya bisa tangkap anda satu employer dgn saya. Sayang sekali anda curhat ke forum yang bisa dilihat seluruh dunia.

    Arman

    Juli 15, 2007 at 9:04 am

  16. Arman
    Kok “sayang sekali” ??:)
    justru feed back Mas diatas yg saya inginkan.. thx.

    lexo

    Juli 26, 2007 at 2:43 pm

  17. Mas Anjar,

    Tolong provide dong, gaji utk perush2 tambang besar di Indo, berdasarkan bidang usahanya, mis : batubara (kpc, arutmin) vs metal (inco, freeport, newmont). Engga perlu detail, cukup by level , mis : junior mgmt, senior mgmt … :)
    Trims sebelumnya.

    Nawi

    Juli 26, 2007 at 10:51 pm

  18. mas, premium graduate iku maksude opo?

    Ardjoe

    Juli 27, 2007 at 1:19 am

  19. […] Gaji tambang non migas Juli 27th, 2007 — priandoyo Tolong provide dong, gaji utk perusahaan tambang besar di Indonesia, berdasarkan bidang usahanya, misal batubara (KPC, Arutmin) vs metal (Inco, Freeport, Newmont). Engga perlu detail, cukup by level , mis : junior mgmt, senior mgmt … Pertanyaannya Mas Jono […]

    • Pak Priandoyo Yth,

      Saya adalah HRD Superintendent PT. Dairi Prima Mineral ( Zinc & Lead ) Project di Kabupaten Dairi. Tahun Lalu seluruh karyawan tidak mendapatkan kenaikan gaji, dan rencananya tahun 2010 nanti akan dilakukan review. President Direktur kami minta saya untuk mendapatkan gambaran besaran gaji di perusahaan Tambang di Indonesia untuk semua level. Mohon bantuan Bapak untuk dapat kiranya mengirimkannya ke email saya: karlof.sitompul@ptdpm.co.id. Atas bantuan Bapak terima kasih.

      Hormat saya,
      Karlof

      karlof sitompul

      Oktober 21, 2009 at 5:59 am

  20. @ lexo dan arman :

    temen akunting di tempat papabonbon sebelumnya juga lulusan trakindo. menurut dia trakindo mumet karena cashflownya berantakan. jadi yah, gitu deh … :D supplier juga pada telat bayarnya. dan orang purchasing dan akuntingya dikejar kejar supplier yg nagih duit, tiap hari … :D

    papabonbon

    Juli 27, 2007 at 2:30 am

  21. Mohon dibahas untuk struktur gaji di EPCI (Engineering, Procurement, Construction, Installation) seperti di McDermott, Tripatra, Rekayasa Industri, Technip, Saipem dll. Sekaligus dengan prospek karirnya (mungkin juga kemungkinan loncat2nya ke owner baik oil & gas atau telco). Banyak yang membutuhkan data tentang epc tapi sulit mendapatkannya
    terima kasih

    andhy

    Juli 30, 2007 at 10:12 am

  22. […] Struktur gaji di EPCI Juli 31st, 2007 — priandoyo Mohon dibahas untuk struktur gaji di EPCI (Engineering, Procurement, Construction, Installation) seperti di McDermott, Tripatra, Rekayasa Industri, Technip, Saipem dll. Sekaligus dengan prospek karirnya (mungkin juga kemungkinan loncat2nya ke owner baik oil & gas atau telco). Banyak yang membutuhkan data tentang epc tapi sulit mendapatkannya Andhy di Telco vs Oil vs Banking […]

  23. waduh ga tau ya kalo disuruh pilih wich one is better, tp temen saya yang bloon, pemalas, dan tidak jujur cuma jadi sopir digaji 2,5 jt di perusahaan teleco, belum lagi uang nilep, calo tanah, dll.
    jadi take home pay’nya lebih gede dari supervisor saya donks

    dga

    September 18, 2007 at 10:58 am

  24. #papabonbon
    Ah masa sich omm.. kayknya trakindo aman2 aja tuh..:)

    lexo

    September 22, 2007 at 2:36 pm

  25. tambahan..local vendor untuk Telco (telkomsel) Solusi 247 (partner Sun system di Indonesia), bisa dicheck ke Telkomsel

    feeling

    September 26, 2007 at 8:53 am

  26. Mas, kalo perbandingan antara di perusahaan teknik atau bank dan perusahaan investing/ finance kira2 gmn?? soalnya saya rencananya mau banting dari teknik ke manajemen… =P

    anindito

    September 28, 2007 at 6:18 am

  27. Alangke panasnyo atmosfer jakarta ne… bawaan aku nak marah bae kalu nyari kerjo..
    hehehe
    “Ari maneh ngarti teu?”

    Bujang

    Mei 7, 2008 at 10:14 am

    • mangko y jang jgn bnyk coli di kampong wong tu,,,,
      klo nak cri gwe cro cri gwe,,,jangan banyk rasan,,,,
      gek saro kw dsno,,,,?

      rizal

      Agustus 17, 2009 at 2:35 pm

  28. Klo saya kerja di bank udah 5 tahun (ga terasa ya..), gaji sih biasa ajalah..yang penting cukup (buat nyewa apartemen, punya mobil, nyicil rumah, dsb.) dan selalu bersyukur..dapat uang harian gede, jasa produksi tiap 3 bulan, bonus sampai 6 kali gaji, uang ini itu (halal lho). Heran ya, meskipun bank yang sekarang lebih kecil dari yang dulu (top 20 lawan top 5) tapi kenapa dapat gaji lebih gede? Apa ukuran perusahaan tidak dapat dijadikan pedoman secara langsung terhadap besarnya gaji? Bodo amat…yang penting sekarang saya dapat cuti 6 hari lebih banyak daripada yang dulu, dan tidak ada atasan yang syirik sama kemampuan saya, hidup jadi bahagia deh..hi3x.

    bimo

    Juni 2, 2008 at 6:35 am

  29. NIce blog mas.. :)
    saya suda hampir 3 tahun di tsel…alhamdulillah walau ini perusahaan pertama saya bekerja (sejak fresh graduated) saya merasa cukup puas..
    Suasana kerja ok, rekan kerja ok, gaji lumayan…, training2 juga ok jadi ga bosen kerja mulu…
    mungkin juga karena penempatan saya kebetulan di surabaya yang notabene ndak begitu ribet dan mahal ….
    BUat saya pribadi saya lebih memilih di telco karena :
    1. Gaji lumayan.
    2. Tekanan kerja relatif tidak tinggi
    3. Sesuai dengan ilmu kita di teknik, improvisasi kecil2an masih bisa dikembangkan, semisal bikin otomatis checklist yang ngecek mesin daily.
    4. Perkembangan ilmunya cukup cepat sehingga kita diusahakan agar mendapatkan training2 baik lokal maupun overseas.
    Yah….kemudian sih sekarang keep fight n belajar2, who knows perkembangan telco kedepannya ditengah persaingan seketat ini :)

    h. august

    Juni 18, 2008 at 7:30 am

  30. Hmm sorry Mas H. August,

    Saya agak tidak setuju kalo dibilang kerja di Telco tekanan kerjanya relatif tidak tinggi. Hal ini mungkin karena Mas August bekerjanya di level operator, TSEL lagi..yang notabene banyak kerjaanya yang diserahkan ke vendor.

    Jawaban berbeda pasti akan diucapkan oleh karyawan vendor telco yang mengerjakan projectnya TSEL..tekanannya luar biasa tinggi..apalagi sudah rahasia umum di kalo orang TSEL kalo minta sesuatu (entah implementasi project atau yang lain) ke vendor suka seenaknya…he..he…

    ipasha96

    Juni 26, 2008 at 8:08 am

  31. […] kontroversial, seperti ‘Telco vs Oil vs Banking mana yang terbaik’ udah ada blog-nya Mas Anjar. Kalo soal motor, misal ‘Untung rugi beli Revo, Pulsar dan X-ixion’ sudah ada […]

  32. @ipasha
    Setuju sayah pak….
    Mintanya aneh2…tapi gak support untuk hal2 kecil seperti perizinan kunci yang njelimet….

    Zhar Aditya

    Juli 10, 2008 at 5:00 am

  33. udah gitu kalo ada project mesti minta persenan lagi…waduh……

    ibnu

    Juli 29, 2008 at 2:12 am

  34. 1. Gaji lumayan.
    BIsa Tau brp ?
    2. Tekanan kerja relatif tidak tinggi
    g menarik dung ?
    3. Sesuai dengan ilmu kita di teknik, improvisasi kecil2an masih bisa dikembangkan, semisal bikin otomatis checklist yang ngecek mesin daily.
    4. Perkembangan ilmunya cukup cepat sehingga kita diusahakan agar mendapatkan training2 baik lokal maupun overseas.
    ini menarik ?biasanya yg dbawa keluar org macem apa ?terbaik di bidangnya y ?

    bur

    Agustus 14, 2008 at 4:25 pm

  35. Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

    Salam kenal Mas Anjar…. saya Tomo, bekerja dengan status tetap/permanen di bagian hukum pada perusahaan telco dengan spesifikasi tertentu (baru kira2 4 bulan, sebelumnya di firma hukum selama 4 tahun)… Saat ini gaji saya 10x/bulan. Saya dapat penawaran dari huawei sebagai contract manager dengan status kontrak selama 1 tahun…dengan gaji 12x/bulan… terpaksa saya decline (*suombongee sak poll2ne*)…. mengingat statusnya hanya contract…..Mohon pencerahan dari Mas Anjar berapakah package yang sewajarnya untuk bekerja sebagai legal/contract manager di perusahaan sejenis dan sebesar Huawei dengan status kontrak? Perlukah saya take this challenge… mengingat life is an adventure….hehehehehehe

    Wassalam.
    Tomo

    tomo

    Agustus 25, 2008 at 11:09 am

  36. Tapi enaknya untuk perusahaan oil& gas kita gak perlu sekolah tinggi2, cukup SLTA plus training pre-employment
    kita sudah bisa menikmati gaji yang cukup tinggi. cuman yaitu, untuk 80 orang trainee pada waktu saya dulu test,katanya ada sekitar 24.000 surat lamaran yang masuk, itu juga belum yang di DO pada saat training karena ga mampu ngejar kecepatan teman2 yang lain dalam menyerap ilmu.
    dan yang lebih menarik, ada beberapa orang yang loncat
    ke perusahaan di timur tengah dan mendapat posisi sampai superintendent, padahal dia juga hanya lulusan SLTA.
    no-offense buat yang kuliah :-)

    syams

    Oktober 27, 2008 at 11:44 pm

    • wah enak banget tuh bos

      aing

      Agustus 9, 2010 at 5:56 pm

  37. @syams
    menarik juga ya di industri oil & gas ternyata tidak perlu sekolah tinggi-tinggi untuk dapat gaji tinggi. Betul, di industri lain pun saya juga lihat banyak kasus lulusan setingkat SMA penghasilannya malah lebih besar dari yang kuliah. Kalau tujuannya uang, ya kuliah memang bukan jaminan.

    Tapi percayalah, mereka yang tidak kuliah suatu hari nanti, terutama di masa tuanya, akan menyesal kenapa dulu tidak kuliah.

    Kinsmart

    Oktober 28, 2008 at 12:59 am

    • Kinsmart:klo saat ini pikiran saya cuma buat anak sekolah yang tinggi(walau bapaknya cuma SLB alias SLTA),dengan gaji lumayan buat segalanya(kerjaku handle geology planing di perusahaan tambang emas terbesar di indonesia){west papua}

      enox

      September 8, 2011 at 9:32 pm

  38. Wah saya baru tau ada forum gini… bagus banget bisa tuker info

    Btw mas, saya dah 3 tahun kerja di 3(three) baru team leader sih… pengen cari kerjaan baru nih karna masih outsourcing.. baru aja saya ngelamar ke chevron sebagai admin, kira2 admin di oil company prospeknya gimana ya terutama dari gaji pastinya :)

    thank ni mas

    Dhoni

    September 26, 2009 at 5:50 pm

  39. bung doni,
    gaji di admin chevron dpt sktr 7jtan. BS aja.
    Kalo dapat di site bisa dpt plus macam2 jd lebih dr 10jt.
    prospek ga tw saya.
    tgntg nasib aja

    adek

    September 27, 2009 at 1:10 am

  40. mas, kalau gaji standar staf di PGN berapa ya?

    adampisan

    April 27, 2010 at 1:22 pm

  41. klo untuk gaji fresh grad S1 Telkomsel brp ya??

    awan

    Mei 1, 2010 at 8:24 am

  42. tolong di info khan dunk renge salary buat bank pemerintah dan fasilitasnya dan perbandingannya :

    1.Bank Mandiri
    2.Bank BRI
    3.Bank BNI
    4.Bank BTN

    santoso

    Mei 6, 2010 at 7:50 am

  43. Annual Compensation & Benefit (C&B) untuk Manager di tempat kami Industri Telekomunikasi mencapai Rp.500juta /setahun.
    Fixed Salary terdiri dari 12xTHP, 1xTHR (1,5xTHP), 1 Tunjangan Cuti (1,5THP), 1x Tunjangan Tahun Ajaran Baru (1,25THP), 1x Bonus Akhir Tahun (1,5THP) dll…..

    yopi

    Januari 28, 2011 at 9:01 am

  44. untuk saudara awan, FG di tempat kami rata2 4,5juta/bulan. untuk Annual Salary tinggal anda kalikan 24 saja.

    yopi

    Januari 28, 2011 at 9:03 am

    • Pcrku mau daftar lowongan kerja di mekanika batu bara. it kira2 aman gak seh? lalu…. gajix berapa? kok katax dy gedhe :( tp dy g mw kasik tahu aku T.T tolong di jwb yah…. please

      Nia

      Januari 15, 2012 at 3:12 pm

      • Posisi mekanik di perusahaan batu bara bervariasai dan tergantung dari besarnya perusahaan dan selain itu juga tergantung dari levelnya, namun memang biasanya lebih besar ketimbang bukan perusahaan batu bara, tks Julfikar

        julfikar

        September 11, 2013 at 2:57 am

  45. Terimakasih informasinya, sangat membantu. :D

    silk scarf

    Agustus 4, 2011 at 7:09 am

  46. hai,,,, mau tanya kalau programer junior di bank BRI syariah berapa yaaa gajinya? kerjaan susah coding terus.. sama ortu malah disuruh pns… bisa dibantu mas?

    deiren

    Oktober 14, 2011 at 6:10 am

  47. @mas yopi..klo fresh graduate S1 teknik sipil bisa diterima ga??

    mario christian

    Oktober 17, 2011 at 9:00 pm

  48. permisi abang2x.., saya fresh graduate teknik sipil D3.
    saya dpat tawaran kerja di sulawesi, proyek oil and gas gtu, nah saya di hargai Rp 1.550.000 + 900.000 (uang makan per bulan) dan rincian yg lain hnya jamsostek + medical check up gtu + over time (trnsportasi bus dan ada mess buat karyawan)
    jabatan sbgai asisten QA/QC SPV,,
    kira-kira ukuran fresh graduate memang pantas saya di hargai sedemikian untk ukuran regional sulawesi atau memang saya yg tdak tahu pasaran range gaji dsana ?? mohon pencerahan nya.. saya sbentar lgi tanda tangan kontrak 1 tahun,, secepatnya mohon di balas pesan saya ini terimakasih banyak semua

    baimCIVIL-PNJ

    November 10, 2011 at 3:37 pm

    • Untuk Fresh Greduated memang banyak perusahaan memberi gaji minimal disetiap perusahaan, namun demikian ada beberapa perusahaan yang memberikan agak lumayan seperti diperusahaan minyaka atau pertambangan, dan untuk anda yang bekerja di perusahaan minyak, menurut kebiasaannya untuk fresh greduated pada posisi staf bisan mencapai 4 sd 7 juta namun bila pada posisi admin/clerk hanya bisa mencapai 3,5 sd 4,5 juta, menurut kebiasaan seperti itu dan diluar tunjangan lainnyanya kalau berada di project atau di site.
      Terima kasih, Julfikar, HR Motivator

      julfikar

      September 14, 2013 at 6:33 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: