Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mismanagement

leave a comment »

P01 ini sebenarnya mudah saja dikerjakan jika O1-06 standby. Sayangnya, orang yang paling penting, yang paling kritikal justru tidak standby, bahkan yang lebih parah adalah orang tersebut justru mengambil langkah yang berseberangan dengan obyektif proyek. Solusi yang saya lakukan adalah mengembalikannya pada most reliable resources dan waktu itu formasinya dirubah menjadi yang paling reliable no matter how incompetent they are. Rasanya di C09 ini kondisi hampir sama. Keterkaitan antar proses menjadi tidak penting. Dibandingkan bagaimana dinamika resources itu sendiri.

Di P01 tidak ada solusi selain bertahan, namun situasi baru berubah ketika P08. P08 selalu menjadi magnus opum, sekilas saya melihat RLR itu mengerikan sekali memang, bisa terjadi 14 buah rapat yang berjalan paralel dari jam 08:00 hingga jam 21:00. Ini memang magnus opum yang luar biasa sekali. Meskipun beberapa langkah taktis yang sebelumnya pada P01 sudah diantisipasi di P08 seperti tidak rely ke unreliable resources, menggunakan resources dedicated, namun karena workload yang lebih berat sepertinya banyak orang yang berguguran. Dengan atau tanpa sistem management yang lebih baik hasilnya tetap sama, orang berguguran. Justru sistem management itu ditujukan untuk kepentingan diri sendiri, untuk survival mode.

C09 sebenarnya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan P08, jauh sekali. Fungsinya juga jauh lebih sederhana. Di P08 hanya ada dua fungsi, ada fungsi PM (banyak meeting, sedikit analisa); fungsi CM (sedikit meeting, banyak analisa). Di C09 sebenarnya hanya melakukan satu fungsi saja: fungsi CM. Kalaupun disederhana hanya ada dua fungsi saja fungsi CMT dan PA. Dan sebenarnya essentially, masalah terbesar itu ada pada scheduling. Wow, that’s it. That’s easy.

The rules is actually very easy. You have the bunch of resources that work independently, inefficiently, a professional cat herder. Most of the time, people just a bad planner. Reactively act according to what eminent and recent threat. The solution is easy, i) face it, understand that this will be very stressful things to do, however always put in mind that this face it solution is always the best one -do not take face it personally. It is just a corrective mechanism. ii) write more than act. iii) always have and built consistency.

346 kata

Written by Anjar Priandoyo

Selasa, 21 Mei 2024 pada 4:36 am

Ditulis dalam Career

Tagged with ,

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.