Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mengelola Weekend

leave a comment »

Mengelola weekend ini gampang-gampang susah. Namun hari ini saya baru mempelajari lagi bahwa, weekend pagi itu paling tidak ada dua aktivitas yang bisa saya lakukan: lari kira-kira dua jam, dan menonton film juga kira-kira dua jam. Sudah cukup, itu saja yang perlu dilakukan. Tidak boleh dilakukan secara multitasking. Misalnya berlari sambil menonton film -kurang lebih mirip dengan treadmill. Ini akan mengganggu esensi dari pengelolaan weekend itu sendiri. Tidak boleh multitasking.

Weekend siang. Paling tidak juga ada dua hal yang bisa dilakukan. Tidur siang leyeh-leyeh selama dua jam, dilanjutkan dengan menulis sore, kurang lebih dua jam juga. Malamnya, tidur cepat setelah isya. Itu adalah weekend yang sempurna. Paling lama? mungkin sekitar empat hari ya.

Contohnya hari ini saya mencoba diawali dengan berusaha bangun pukul 05:00, untuk selanjutnya saya sebenarnya bisa mulai berlari pukul 07:00-09:00, dilanjutkan untuk beristirahat, termasuk sarapan, mandi, untuk mulai menonton film diantara jam 09:00-12:00. Ini adalah weekend pagi yang sangat amat damai. Bear in mind -sebagai catatan, kalau ada ajakan anak untuk sarapan atau ajakan untuk melakukan hal urgent lainnya, saya sudah siap.

Weekend siang dimulai jam 13:00 dengan tidur-tiduran hingga pukul 15:00, karena setelahnya pasti akan terasa pusing. Jam 15:00 dimulai dengan sholat ashar, dan paling efektif sebenarnya mulai menulis di weekend sore pada pukul 16:00, persis seperti waktu yang paling nyaman untuk menonton cinema-cinema atau menonton cek n ricek ditelevisi tahun 1990an akhir. Selesai, delapan jam sehari bisa dilakukan. Kalau ada agenda? tentunya ini akan lebih baik lagi, karena yang lebih menakutkan justru ketika weekend terjadi tanpa agenda.

Sedikit catatan mengenai rules yang bisa bermanfaat diantaranya i) Two hour rule. Two hour rule studying. Two hour rule progress in creative project – Two hour is long enough to make progress, but not so long that it gets away from you (Charlie Gilkey). ii) Putting your own oxygen mask on first, metaphor that expresses the idea that before you can help others, you first need to take care of yourself.

Two hour rule ini menjadi dasar untuk membagi weekend menjadi 4 kegiatan yang masing-masing terdiri dari 2 jam, jadi kalau lari, film, selonjoran dan menulis itu sudah lebih dari cukup. Sementara oxygen mask rule ini maksudnya menyiapkan bahwa weekend itu kemungkinan besar akan ada agenda, tapi perasaan takut bahwa tidak ada agenda itu harus diakali dengan baik.

379 kata, 30 menit

Written by Anjar Priandoyo

Minggu, 16 Juni 2024 pada 4:28 pm

Ditulis dalam Health

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.