Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

3G itu menyenangkan bila…

with 14 comments

smile

Tidak terasa sudah hampir setahun kami sekeluarga menggunakan teknologi 3G dalam keseharian baik untuk pribadi maupun urusan pekerjaan. Sebagai keluarga muda yang punya kebijaksanaan ketat dalam hal anggaran maka kami harus memilih betul mana-mana saja teknologi yang murah, handal dan memberikan benefit yang paling besar -teuteup orang Indonesia pengen yang murah tapi bagus.

Budget total berdua yang kami anggarkan untuk komunikasi adalah 400-500ribu perbulan, hampir setengahnya untuk komunikasi voice via selular (Telkomsel, XL) dan Telepon rumah (PSTN). Kemudian setengahnya lagi untuk Internet (3G Indosat, Speedy (46 comments) dan Telkomnet Instan) -khusus CDMA kami belum pernah menggunakanya dirumah.

Aplikasi 3G yang kami gunakan antara lain.

1. Video Call
Operator: Telkomsel
Biaya: Sama dengan telepon biasa (voice call), murah apalagi wiken
Device: Handphone 3G bagus mulai 1.5 juta, kedepan makin turun
Trivia: Saya dan Dinda pakai HP Nokia 3G gratisan menang undian XL MovieLife di Antv
Kebutuhan: Video Call alat wajib untuk komunikasi dengan keluarga, terutama keluarga jaman sekarang yang bingung berbasa-basi tapi tetap ingin bersilaturahmi.

Kesan: Sangat puas, meski terkadang sulit menghubungi, tapi secara umum kualitas cukup baik.

Hampir setiap sabtu/minggu kami menggunakan Video Call untuk berkomunikasi dengan keluarga di Malang. Sebagaimana komunikasi dengan orang tua lainnya, komunikasi dengan orang tua ini gampang-gampang susah. Gampang karena kita telah puluhan tahun mengenal dirinya sedangkan susah karena seringkali tidak ada topik diskusi yang bisa diangkat.

Maka, dengan video call kami bisa ngobrol 30-60 menit hanya untuk menunjukkan aksi Azkia kepada keluarga di Malang. Kalau minggu ini Azkia sudah bisa duduk, kemudian Azkia sudah mulai belajar teriak, belajar merangkak menjadi sumber obrolan andalan untuk menjalin keakraban dengan keluarga.

Kedepannya saya kira kebutuhan Video Call 3G akan semakin meningkat, memang tidak akan menggantikan voice call. Untuk masalah-masalah serius biasanya kami lebih sering menggunakan voice call. Video Call 3G akan lebih pada kebiasaan berkomunikasi dan tentunya akan semakin bertambah besar seiring dengan kualitas jaringan itu sendiri.
3G video call ternyata murah (29 comments).

2. Internet 3G
Operator: Indosat
Biaya: 100ribu/bulan, unlimited threshold 3Gb
Device: Modem 3G PCMCIA (400-500ribu), Modem 3G USB (800-900ribu)
Trivia: Saya dan Dinda pakai Option Globetrotter gratisan menang undian blog XL
Kebutuhan: Internet mobile
Kekurangan: Lokasi sangat menentukan sinyal bagus atau buruk, setahun belakangan ini seiring dengan semakin ketatnya kompetisi rata-rata operator tidak memberikan kualitas layanan 3G yang maksimal

Bisa mengakses internet dimana saja mungkin menjadi kalimat sakti mengapa kami memilih menggunakan internet 3G. Mulanya bayangan kami bila Jakarta macet maka Dinda bisa sambil santai-santai browsing internet via 3G -walau ternyata prakteknya sangat sulit, lebih baik tidur dimobil.

Buat pekerja tidak tetap seperti saya yang berpindah-pindah kantor setiap saat. Maka koneksi internet 3G menjadi andalan utama untuk berkomunikasi. Mengirim email kekantor, membuat laporan timesheet hingga saat-saat darurat seperti mengirim report saat kontrol kesehatan dirumah sakit. Masalahnya cuman satu: terkadang layanan 3G ini tidak reliable.
Survey kualitas sinyal 3G (48 comments)

Aplikasi 3G yang belum kami gunakan
Meski bermanfaat, ada juga beberapa aplikasi 3G yang belum kami manfaatkan, antara lain:

1. Video Surveillance
Device: Webcam+Koneksi 3G
Adalah kelahiran Azkia yang memaksa kami untuk memiliki koneksi internet yang handal dirumah. Kami memasang Speedy untuk pertamakalinya pun karena Dinda harus cuti hamil selama 3 bulan dirumah. Mau tidak mau harus ada internet bukan.

Sebagaimana orang tua baru yang cukup paranoid, maka keinginan untuk memiliki Video Surveillance yang bisa mengawasi Azkia dari kantor pun ternyata semakin besar. Walau akhirnya kami memutuskan untuk tidak menggunakan fitur ini, terutama setelah membandingkan di beberapa Day Care (tempat penitipan anak) yang memiliki fitur webcam ini. Rasa-rasanya sih kurang efektif ya.
Internet untuk Dinda (41 comments)

2. Mobile TV
Kelihatannya menarik, tapi karena waktu untuk menonton TV tidak banyak, kami tidak pernah menggunakan fitur ini. Belakangan ini cukup banyak HP yang dilengkapi dengan TV dengan koneksi analog bukan 3G yang pastinya lebih murah.

Masa depan 3G dimata saya
Teknologi memberikan kita banyak kemudahan dan banyak pilihan yang bisa kita ambil. Saat ini GSM dan 3G sudah lebih dari cukup buat saya. Konon kedepannya akan ada Wimax 4G atau entah teknologi apa yang akan dijual oleh operator. Buat saya pribadi ide-ide teknologi tersebut sangatlah berguna dan akan bermanfaat banyak bagi masyarakat.

Namun sebagai konsumen, saya lebih memprioritaskan kualitas layanan yang diberikan. Memang dengan 3G kita bisa mengakses internet dimana saja. Tapi bukankah “dimana saja” itu juga sudah semakin banyak memberikan layanan internet. Misalnya di Rumah Sakit, Mall, Café rata-rata public place sudah mendukung koneksi internet -baik gratis atau berbayar. Yang seringkali lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan koneksi internet kita sendiri.

Tapi sebagaimana teknologi manapun selalu ada siklus yang pasti, kedepannya pasti biaya akan semakin murah dan layanan akan semakin baik. Semoga.

Written by Anjar Priandoyo

Desember 22, 2008 pada 2:57 am

Ditulis dalam Life

14 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ngga ada 3G di Cirebon pinggir…
    jadi cuma bisa baca aja dan berharap… kapan sinyal 3g meluas di cirebon.

    Ahromi Irawan

    Desember 22, 2008 at 4:38 am

  2. Saya pake Telkomsel Flash Unlimited dengan HP Nokia N70. Koneksinya lelet euy, tapi enaknya cuma unlimited doang. Lokasi saya di kuningan-jabar. Salam kenal mas :)

    Dominikus Juju

    Desember 22, 2008 at 12:55 pm

  3. Lha flash telkomsel node B nya masih pake 2 E1… yach lelet laghhh, apalagi jg dipake jalur voice…. malah gak karuan

    wewed

    Desember 22, 2008 at 1:38 pm

  4. Aku pakai Indosat Matrix Broadband, kadang kencang banget, kadang lelet, kadang sulit nyambung, tapi unlimitted Rp. 100 ribu per bulan.

    Ananto

    Desember 22, 2008 at 1:57 pm

  5. kalau koneksi wirelles memang belum ada yang stabil, terutama kalau dah keluar dari kota. biasanya subuh2 baru kenceng :D

    Darmawan

    Desember 22, 2008 at 2:23 pm

  6. Pake Telkomsel 3G awalnya keceng bgt… tapi udah hampir setengah tahun ini error mulu… Tapi menjelang tahun baru ini internetnya jadi rada2 waras… walaupun sering idle ga jelas… disconnect kagak… connect juga kagak….

    Walaupun begitu 3G bener2 membantu (meringankan) dlm hidupku. Semuanya bisa dilakukan di rumah, di kampus, dimana saja…

    Ade Putra

    Desember 29, 2008 at 3:10 pm

  7. Alhamdulillah mas anjar,

    Sudah ada 3G di bontang…1400km jauhnya dari JKT. Sering pakainya buat pacaran, hehehe.

    trims,
    monggo mampir http://www.facebook.com/note.php?note_id=72562135960

    ronggo

    Januari 9, 2009 at 12:46 am

  8. Wahhh device-nya banyak dapat dari hadiah nihhh… gimana caranya bosss??? bagi dongg… heheheh

    bloGEsam

    Januari 17, 2009 at 3:25 am

  9. Adaaaa aja yang dibahas

  10. indosat 3g treshold-nya kalu gak salah bukannya 2gb ya.. moga aja disini kayak negara-negara tetangga yang akses internetnya ngebut. Dah ada yang coba axis 3g?

    ryan

    Januari 21, 2009 at 3:32 pm

  11. .
    Inih ada maenan baru, boss….
    Sayah coba untuk Video Call dengan sobat di Amrik ndak ngalamin Lag….

    Kekurangannya, Device nya rada mahal dan cakupannya baru Jabotabek. Kalo dibawa keluar kabotabek, ndak isa ngebut….

    http://mbelgedez.com/2009/01/20/modem-axess-tel-mv-140b-produk-jump-dari-smart/

    mbelgedez™

    Januari 26, 2009 at 3:32 am

  12. tempat saya 3g sering putus2 hiks

    Rozy

    April 23, 2009 at 8:43 am

  13. Koneksinya kok putus2 ya.

    Software UM

    Oktober 14, 2009 at 1:48 am

  14. apalagi 4G, makin asyiiiikkkk

    surat lamaran kerja

    Agustus 1, 2014 at 3:39 am


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.