Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Hobby: Peran dan Tugas Ilmuwan Sosial

leave a comment »

Fotografer.net didirikan tahun 2002, Bike 2 Work tahun 2004, dan Indorunners tahun 2009. Informasi tersebut dipajang di blog pendirinya. Namun puncak tren komunitas tersebut terjadi beberapa tahun setelah komunitas itu didirikan. Fotografer mungkin sekitar tahun 2006/7 ketika kamera DSLR menjadi sangat merakyat. B2W kurang lebih sama dengan munculnya Sepeda Fixie dan Lari juga diindikasikan dengan adanya Jakarta Marathon tahun 2013.

Dari kacamata Ilmu Sosial. Tren komunitas yang terjadi merupakan sebuah hal yang kompleks. Kombinasi antara ditemukannya teknologi baru yang murah (kamera, instagram), kampanye hidup sehat yang lebih masif dan seterusnya.

Tugas ilmuwan sosial adalah memotret kondisi ini. Namun untuk bisa memprediksi masa depan adalah hal yang sangat sulit e.g wearable technologies saja fail yang maju malah activity tracker.

Kalau pun ilmuwan sosial bisa memprediksi hal tersebut, maka sebenarnya ini hanya satu bagian kecil saja. Ilmuwan sosial tersebut dengan bekal yang dimilikinya harus bisa bergabung pada sebuah organisasi yang dapat memanfaatkan kemampuannya baik dalam bentuk aktivitas atau pengetahuan.

Written by Anjar Priandoyo

Selasa, 3 Januari 2017 pada 1:56 pm

Ditulis dalam Life

Tagged with

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.